3 Cara Agar Walet Membuat Sarang Dalam 30 Hari | 0815 5685 5078

Cara Super Hebat Agar Burung Walet Cepat Membuat Sarang Menggunakan Besek –
Sebelum kita masuk ke topik utama bahasan kita sebaiknya kita mengetahui dahulu apa yang disebut besek ?. Besek ialah kerajinan tangan yang dibuat dari anyaman bambu. Biasanya besek dimanfaatkan sebagai wadah barang-barang ringan seperti makanan ringan, sayur, nasi kenduri, dan lain-lain. Besek adalah wadah yang multi guna dan lumayan higienis karena terbebas dari bahan kimia. Selain terbuat dari bahan dasar bambu, besek ada yang dibuat dari daun pandan pula.

Mari kita lanjut ke topik utama. Sekarang ini sudah banyak pelaku bisnis budidaya sarang burung walet rumahan yang menggunakan besek ini sebagai sarang waletnya. Dan terbukti memperlihatkan tingkat keberhasilan cara agar walet cepat membuat sarang walet bisa dikatakan 90% dari yang tanpa memakai besek.

Hal ini disebabkan oleh adanya besek yang dipasang pada papan sirip (bisa dipaku atau dilem) akan memudahkan burung walet untuk bertengger atau hinggap, sehingga mereka cepat membuat sarang di tempat itu. Coba lihat gambar di bawah ini :

Cara Agar Walet Cepat Membuat Sarang




Bagi Anda yang belum pernah mencobanya pasti penasaran bukan?, cobalah sekarang juga,,,, besek bisa kita dapatkan dengan mudah di pasar-pasar tradisional. Apalagi di internetpun ada, saya pernah liat di bukalapak dan di tokopedia ada yang jual besek dengan harganya yang sangat terjangkau.


Semakin banyaknya burung walet yang bersarang pada rumah walet kita tentu saja menjadi keinginan bagi semua para pebisnis atau peternak burung walet. Apalagi makin hari harga sarang walet rumahan semakin mahal harga jualnya. Supaya populasi walet terus meningkat dan cara agar walet cepat membuat sarang berikut tips dari seseorang yang sudah mengaplikasikan dan sukses meningkatkan populasi burung walet sehingga meningkatkan hasil panen sarang walet setiap bulannya.

Baca Juga : Cara Membuat Sarang Walet Pasti Huni

1.    Memasang Besek di antara sirip
Besek yang terbuat dari anyaman bambu ini ternyata cara yang sangat memudahkan agar burung walet cepat membuat sarang. Besek dipasang  di antara sirip. Bentuk besek yang menyerupai kotak terbuka itu menyebabkan walet merasa aman untuk membangun sarang.  Sedangkan anyaman bambu memudahkan burung walet menempelkan air liurnya sebagai salah satu bahan agar walet cepat membuat sarang.

2.    Anyaman bambu yang menyerupai besek belum jadi juga di tempel pada papan sirip

Cara Agar Walet Cepat Membuat Sarang

Papan sirip yang kita pasang di rumah walet kadang kadang masih bisa menimbulkan bau walaupun sudah terpasang dalam waktu yang cukup lama. Hal ini menjadikan sebab walet ogah-ogahan membuat sarang pada daerah papan sirip tersebut di atas. Dengan memasang anyaman dari bambu pada sirip bisa mengatasi hal tersebut. Anyaman bambu yang direkatkan atau dipaku di papan sirip bisa memudahkan walet menempelkan kakinya di sel anyaman dan juga memudahkan burung walet menempelkan air liurnya pada anyaman bambu itu.

3.    Menggunakan sarang imitasi
Cara lain yang paling ampuh agar walet cepat membuat sarang yaitu dengan menggunakan sarang imitasi/palsu/tiruan/buatan. Kabarnya sarang walet palsu atau sarang walet imitasi telah terbukti di kalangan peternak walet di pulau Lombok dan bekerja dengan meningkatkan  level populasi burung walet di dalam gedung burung walet. Jika kita menggunakan sarang imitasi maka burung walet itu tidak akan lagi susah payah untuk membuat sarang saat mereka ingin bertelur atau berkembang biak.

Cara Agar Walet Cepat Membuat Sarang

Namun burung walet kadang-kadang  hanya mengolesi sedikit saja dari air liurnya pada sarang imitasi yang dipasang. Ketika disana terdapat sarang imitasi yang telah terpasang maka burung walet yang kebelet bertelur akan menaruh telurnya disitu dan mengeram lalu menghasilkan anakan. Nah, tahukah anda berapa lama durasi perkembang biakan burung walet secara normal. Yakni akan menghabiskan waktu sekitar 3 bulan lamanya. Namun jika disan sudah ada sarang imitasi maka burung walet itu tidak perlu lagi membuat sarang burung walet yang memakan waktu lama. Sehingga proses perkembang biakan bisa cepat dilakukan oleh burung walet. Nah, ketika walet sudah banyak berkembang biak, maka sarang imitasi dapat dilepas secara bertahap untuk dipindah ke tempat lain. Bahkan biasanya akan kita temui sarang walet asli yang menimpa sarang imitasi. Kadang-kadang hal ini juga bisa menarik minat burung walet untuk membuat sarang walet asli di sebelah sarang imitasi. Hal ini karena sifat mereka yang suka berkoloni. Jadi anda juga bisa mendapatkan sarang walet asli di atas yang imitasi. Ditambah pula dengan populasi burung walet anda yang akan meningkat dengan sangat pesat.
Jika Anda berminat memesan Sarang Burung Walet Imitasi Tiruan Premium Terbaik klik produk kami di
Tokopedia disini atau Bukalapak disini
atau langsung chat kami via Whatsapp 0815 5685 5078

Komentar

Postingan Populer