Empat Hal Penting Cara Membuat Sarang Walet | 0815 5685 5078

Empat Hal Penting Cara Membuat Sarang Walet 

Ada beberapa hal penting yang harus diketahui berhubungan dengan cara membuat sarang walet yang irit biaya dan cepat huni. Namun perlu dipahami, kesuksesan dari bisnis sarang burung walet dengan memperhatikan beberapa hal cara membuat rumah sarang walet ini bisa berbeda beda antar para peternak burung walet. Hal ini bisa dikarenakan oleh banyak faktor, yang pertama bisa karena kecermatan, ketekunan , lokasi tempat peternakan sarang burung walet, dan pemeliharaan oleh pemiliknya. Maka dari itu, hasilnya bisa tidak sama antara satu dengan lainnya. Untuk beberapa faktor pendukung tak kalah penting yang harus diperhatikan, berikut adalah sebagian ulasannya:

▪ Bentuk Gedung Rumah Hunian Burung Walet
Tidak ada bentuk dan ukuran yang menjamin pasti ditempati dari rumah sarang burung walet. Jika anda mencari di internet gambar contoh rumah budidaya sarang burung walet, pasti anda akan menemukan dimensi yang berbeda- beda. Pada umumnya, bentuk bangunan adalah berupa bangunan yang luas dan tinggi serta kosong. Sebagian ada yang mengatakan jika baiknya bangunan berbentuk gedung empat  tingkat atau dengan ketinggian sekitar di atas 10 meter supaya memudahkan dan memancing perhatian burung walet. Sedangkan faktor luas dan dibuat 4 tingkat untuk membuat gedung ini menjadi memiliki jumlah burung yang ingin membuat sarang di dalamnya  bisa lebih banyak. Tetapi sebagian kalangan ada juga yang mengatakan tidak perlu setinggi 10 meter. Hal itu bisa terjadi karena pengalaman yang diperoleh para peternak sarang burung walet itu yang berbeda beda. 

Empat Hal Penting Cara Membuat Sarang Walet

Empat Hal Penting Cara Membuat Sarang Walet

Ukuran luas dan tinggi bangunan memang bukanlah faktor utama yang terpenting untuk membuat burung walet betah untuk bersarang. Asalkan, bangunan gedung yang didirikan harus berada di lokasi tempat yang sepi atau tidak terlalu berisik seperti lingkungan asli mereka di goa. Bentuk bangunan secara garis besar adalah gedung kosong, dengan diberi Lubang Masuk Burung (LMB) di setiap sisi bangunan dan di bagian atas, pintu untuk manusia di bagian lantai dasar, dan juga lubang ventilasi udara.

Artikel terkait :
-
-


▪ Atur Kelembaban Udara Dan Suhu
Inilah faktor utama agar burung walet bisa membuat sarang burung walet yang menghasilkan banyak laba. Burung walet aslinya pada awal mulanya memang hanya bersarang di dalam goa. Maka dari itu, jika anda menghendaki burung walet untuk tinggal di gedung yang anda buat maka desain bangunan tersebut semirip mungkin dengan kondisi di dalam goa. Bukan soal bentuk saja, namun yang paling penting adalah suhu dan tingkat kelembaban udara. Burung walet agar bisa kerasan dan terus menerus menetap di bangunan itu hingga mau membuat sarang mereka sendiri, maka bangunan harus dibangun dengan suhu yang cocok dengan mereka yakni tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin serta kelembaban udara yang sesuai. Inilah dua faktor penting yang disukai semua burung walet.

Telah diteliti oleh para ahli budidaya burung walet suhu udara di dalam gedung sebaiknya antara 27-29 derajat Celcius. Sedangkan kelembaban udara yang cocok dan disukai burung walet adalah pada antara 75 % hingga 95%.
Cara membuat sarang burung walet yakni apabila rumah sarang burung walet akan dibangun di daerah yang suhu udaranya lebih dari di atas 29 derajat, maka bentuk bangunan pun akan sangat berpengaruh pada jumlah burung yang bersarang. Suhu udara di dalam ruangan bisa diturunkan dengan satu cara yaitu dengan cara membuat bangunan sarang burung walet yang luas, lebih banyak ventilasi dan juga jika diperlukan membutuhkan hujan buatan pada bagian atas atau plafon dengan menggunakan sprayer atau sejenisnya. Hujan buatan di bagian plafon ini sangat penting terutama pada saat matahari sedang berada tepat diatas ubun-ubun. Untuk daerah yang bersuhu rendah, seperti di daerah dataran tinggi, perlu sekali ketebalan dinding yang sesuai agar ruangan lebih hangat dan cukup beri satu ventilasi setiap pada jarak 4 meternya.

Kolam Air

Cara membuat sarang burung walet selain dengan cara mengatur bentuk, memperhatikan pilihan bahan bangunan, dan jumlah ventilasi yang digunakan, kolam air juga sangat diperlukan untuk mempertahankan kelembaban udara. Banyak pengusaha ternak sarang burung walet yang merasa sangat tertolong dengan adanya kolam air di dalam gedung. Ya, bangunan sarang walet seperti apapun bagus sekali jika ditambahkan sebuah kolam air di dalamnya. Tujuan utamanya tak lain adalah agar tingkat kelembaban udara dalam ruangan menjadi stabil sepanjang hari. Cara membuatnya adalah buat kolam air dengan luas kira-kira ⅔ dari luas lantai dasar dari bangunan itu. Dengan ukuran seperti ini, dirasa sudah pas untuk menjaga kelembaban udara di tingkat yang diinginkan. Selain itu juga kolam perlu juga dilengkapi salurang sirkulasi air yang baik agar kolam tetap terisi dan bersih. Buatkan jalan untuk pipa dengan sirkulasi air yang baik dan sebaiknya pompa air berada agak jauh dari bangunan sarang burung walet agar bising tidak mengganggu burung walet.

▪ Cat Dinding Rumah Sarang Burung Walet

Berilah cat sesuai dengan kebutuhan suhu udara yang diinginkan. Tujuan utama mengecat  bangunan disini bukan untuk seni atau keindahan. Jika suhu udara di lokasi sudah cukup panas, maka jangan gunakan cat warna gelap atau hitam yang menyerap panas lebih baik. Sebaliknya juga begitu, jika suhu udara di tempat berdirinya bangunan sudah cukup dingin maka gunakan cat warna-warna terang seperti putih, kuning dan sebagainya. Agar dinding bisa menyerap panas lebih baik saat matahari bersinar, sehingga bisa menjaga suhu ruangan sesuai dengan yang diinginkan oleh burung walet.


Jual sarang burung walet imitasi-tiruan-buatan-palsu-premium-terbaik
Link tokopedia

Link Bukalapak

atau order via Whatsapp 0815 5685 5078

Komentar

Postingan Populer