Tips Bisnis Budidaya Ternak Burung Walet yang Sukses | 0815 5685 5078

Tips Bisnis Budidaya Ternak Burung Walet yang Sukses

ternak walet

Tips Bisnis Budidaya Ternak Burung Walet yang Sukses.

Budidaya atau ternak burung walet telah lama dikenal di Indonesia, yakni tepatnya pada awal tahun 2000-an. Pada masa itu ternak burung walet mulai menjamur dan membikin banyak pengusaha di tanah air mendirikan bangunan khusus untuk burung walet. Bisnis ini sebetulnya tidak bisa secara serampangan dilakukan, simak beberapa tips bisnis budidaya ternak walet yang berhasil.


Kebetulan salah satu paman saya sudah lama bergelut di bidang ternak walet. Pada awalnya disebabkan oleh ditemukannya fakta baru bahwa sarang walet adalah makanan yang sangat bergizi dan juga sebagai obat yang dapat menyembuhkan banyak jenis penyakit.


Orang-orang sampai memberi nama sarang walet dengan emas putih nan bernilai tinggi. Maka tidak usah heran, jadila nilai jual sarang walet melambung sangat fantastis. Pada saat tulisan ini dibuat saja, harga jual pasaran 2,5 ons sarang walet di taksir 4,5 juta!


Baca Juga:





Zaman sekarang pebisnis sarang burung walet mengembangkan berbagai metode untuk menjaring walet agar mau bersarang di bangunan mereka. Metode yang efektif adalah membuat bangunan semirip mungkin dengan habitat asli dari ternak walet.



Tips Bisnis Budidaya Ternak Burung Walet yang Sukses dan Berhasil




Pengembangbiakan burung walet harus dirancang dengan baik jika Anda ingin mendapatkan hasil panen yang maksimal. Anda sekurangnya harus mampu menguasai ilmu dasar budidaya ternak burung walet yang baik dan benar.




Bangunan atau rumah untuk kandang ternak burung walet dengan syarat ketinggian 1000mdpl atau diatas permukaan laut. Lokasi kandang harus jauh dari jangkauan lalu lintas manusia agar lebih efektif dan tentu saja lebih aman dari pencuri.



Burung walet sebenarnya hewan liar yang memiliki musuh alaminya, sehingga mereka akan sangat waspada dalam membuat sarang. Jika lokasi membuat sarangnya gaduh suara kendaraan atau manusia maka burung walet akan gelisah dan akhirnya tidak jadi membuat sarang di sana.



Buatlah bangunan rumah kandang burung walet dengang tingkat keamanan tinggi mungkin peluang serangan predator. Daerah yang tepat adalah daerah yang tidak jauh dengan sumber air.

Komentar

Postingan Populer